Disdukcapil Tulangbawang Sabet Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dari Menpan-RB

    Disdukcapil Tulangbawang Sabet Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dari Menpan-RB
    Piagam Penghargaan dari Menpan-RB

    TULANGBAWANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang (Tuba) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sabet penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dengan predikat sangat baik.

    Dalam torehan prestasi itu Kabupaten Tulangbawang dengan kategori predikat penyelenggara pelayanan publik sangat baik, untuk itu kabupaten yang berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur mendapatkan apresiasi luar biasa dari Kemenpan RB.

    Bupati Tulangbawang, Dr Hj Winarti, SE., MH, Pejuang Generasi Ibu Kartini, dalam terobosan sistem pelayanan yang dikemas dalam cakupan 25 Program Bergerak Melayani Warga menempatkan kabupaten setempat sabet kategori penilaian Sangat baik.

    Melalui Disdukcapil Tulangbawang tidak hanya melaksanakan pelayanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) saja. Disdukcapil juga melaksanakan Tekhnis Pelayanan dengan sistem “Jebol” atau jemput Bola.

    Pelayanan keliling ke masyarakat sampai ke pelosok kampung dilaksanakan menggunakan mobil keliling oleh Disdukcapil setempat, baik di lingkungan masyarakat maupun Sekolah Menengah Atas yang ada di Sai Bumi Nengah Nyappur ini.

    Adapun dengan rincian pelayanan diantaranya Pelayanan Massal yang langsung jadi, Pelayanan Kepada Warga yang lanjut Usia, Penyandang disabilitas serta melakukan pelayanan perekaman KTP elektronik bagi pemilih pemula anak-anak usia 17 Tahun pada 2024.

    Kinerja yang dilakukan selama ini. Disamping Pelayanan Jebol, Disdukcapil juga menerima pelayanan online yang bisa dilakukan menggunakan handphone (HP) Android. Saat ini Disdukcapil telah memiliki aplikasi layanan yang diberi nama “ Megou Pak “ yang merupakan Akronim dari “ Melayani warga secara online untuk penerbitan Adminduk.

    Dengan Skema pelayanan terbaik inilah Disdukcapil Tulangbawang mampu berbicara banyak di kancah Nasional. Tentu hal ini sangat positif dan diharapkan mampu menjadi trigger (pemicu) bagi OPD lain dalam hal optimalisasi kinerja Aparatur Pemkab setempat.

    Bupati Winarti menyampaikan rasa Syukur dan terima kasih nya kepada seluruh tim yang telah bekerja secara profesional dan maksimal sehingga penghargaan ini dapat diraih oleh Kabupaten Tulangbawang.

    “Bangga rasanya dinobatkan sebagai kabupaten penyelenggara pelayanan publik terbaik oleh Kemenpan RB Tahun 2021. Terima kasih kepada seluruh tim yang bertugas semoga ini menjadi kado spesial untuk masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa kami bersungguh-sungguh, dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat. Semoga menjadi barokah bagi kita semua Aamiin yaa robbal alaamiin, ” kata Winarti, Jum'at (10/06/2022).

    Sementara, Kepala Disdukcapil Kabupaten Tulangbawang, Syarif Ali, SH, mengucapkan, Syukur dan bangga atas kinerja tim Disdukcapil setempat. Kerja keras yang nyata membuahkan hasil luar biasa yang bermanfaat untuk semuanya.

    “Alhamdulillah, Bangga pada kerja keras dan gotong-royong tim. Semoga tahun selanjutnya, Disdukcapil Tulangbawang dapat mempertahankan prestasi terbaik bahkan harapan saya, dapat meraih prestasi yang lebih spektakuler lagi, ” pungkas dia.(SM).

    Tulangbawang Lampung
    Sumarno

    Sumarno

    Artikel Sebelumnya

    Bawaslu Tulangbawang Ikuti Launching Pendaftaran...

    Artikel Berikutnya

    Shalat Idul Fitri 1443 H di Masjid Agung...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Hendri Kampai: Indonesia Hanya Butuh Pemimpin Jujur yang Berani
    Bakamla RI Berikan Pertolongan Medis ABK KM Lintas Samudra 2 di Perairan Natuna
    Cegah Paham Radikalisme, Polri Tekankan Pentingnya Upaya Kontra Radikal 
    Hendri Kampai: Jika Anda Seorang Pejabat, Sebuah Renungan dari Hati ke Hati
    Hendri Kampai: Indonesia Baru, Mimpi, Harapan, dan Langkah Menuju Perubahan

    Ikuti Kami